PERANCANGAN JARINGAN

KONSEP DASAR

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Tujuan perancangan jaringan komputer :

  1. Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printerCPUmemori,harddisk
  2. Komunikasi: contohnya surat elektronikinstant messagingchatting
  3. Akses informasi: contohnya web browsing

Ada 2 (dua) tipe utama jaringan komputer, yaitu :

1. Peer to Peer (Workgroup) :

Setiap komputer yang terhubung kejaringan dapat bertindak baik sebagaiworkstation maupun server.

Server di jaringan tipe peer to peer disebut non-dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni, tetapi sekaligus dapat berperan sebagai workstation.

2. Client -Server (Domain) :

Hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation.

Server dijaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation. Server hanya bertugas melayani komputer-komputer lain (client).

Berdasarkan TOPOLOGI JARINGAN, jaringan komputer dapat dibedakan atas:

  • Topologi BUS
  • Topologi BINTANG
  • Topologi CINCIN
  • Topologi MESH
  • Topologi POHON
  • Topologi LINIER
  • Topologi HYBRID

TOPOLOGI BUS

Pada TOPOLOGI BUS digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di mana seluruh workstation dan server dihubungkan.

KEUNGGULAN Topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. KELEMAHAN dari TOPOLOGI ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

TOPOLOGI BINTANG (STAR)

TOPOLOGI BINTANG merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

KELEBIHAN.

  1. Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
  2. Tingkat keamanan termasuk tinggi.
  3. Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
  4. Penambahan & pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah

KEKURANGAN.

Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan yang ada akan terhenti.

TOPOLOGI CINCIN (RING)

TOPOLOGI CINCIN adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya,  sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan.

Adapun kelebihan dari TOPOLOGI ini adalah kabel yang digunakan bisa lebih dihemat. Tetapi kekurangan dari TOPOLOGI ini adalah pengembangan jaringan akan menjadi susah karena setiap komputer akan saling terhubung.

TOPOLOGI JALA (MESH)

TOPOLOGI JALA atau MESH adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).

TOPOLOGI POHON (TREE)

TOPOLOGI TREE disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat.

TOPOLOGI ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .

TOPOLOGI LINIER

Jaringan komputer dengan TOPOLOGI LINIER biasa disebut dengan TOPOLOGI  LINIER BUS, layout ini termasuk layout umum.

Satu kabel utama menghubungkan tiap titik koneksi (komputer) yang dihubungkan dengan konektor yang disebut dengan T Connector dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah terminator.

Konektor yang digunakan bertipe BNC (British Naval Connector), sebenarnya BNC adalah nama konektor bukan nama kabelnya, kabel yang digunakan adalah RG 58 (Kabel Coaxial Thinnet). Installasi dari topologi linier bus ini sangat sederhana dan murah tetapi maksimal terdiri dari 5-7 Komputer.

TOPOLOGI HYBRID

Pada penerapan perancangan jaringan tidak jarang sebuah jaringan komputer mengkombinasikan penggunaan lebih dari satu jenis TOPOLOGI sekaligus.

Sebagai ilustrasi, sebuah organisasi atau departemen memiliki 3 bagian dimana komputer-komputer pada masing-masing bagian tersebut saling terhubung menggunakan TOPOLOGI yang berbeda, sebut saja bagian A menggunakanTOPOLOGI BUS, bagian B menggunakan TOPOLOGI STAR, dan beberapa komputer terhubung langsung ke HUB pusat.

Apabila ke-2 jaringan komputer & beberapa komputer tersebut dibuat menjadi saling terhubung ke dalam satu jaringan yang lebih luas (mencakup ketiganya) menggunakan salah satu jenis topologi (misalkan TOPOLOGI STAR) maka itulah yang dinamakan dengan TOPOLOGI HYBRID.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s