Human Immunodeficiency Virus

Adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan defisiensi (kekurangan) sistem imun.

Cara Penyebaran Virus

Orang yang positif mengidap HIV ada yang kemudian menyebarkannya dengan sengaja. Namun trend saat ini bukan lagi menularkan kepada orang lain dengan melakukan seks tanpa menggunakan kondom. Ingin tahu bagaimana teknik mereka yang perlu kamu waspadai?

Pernah ditampilkan didalam TV Thailand dimana seorang positif HIV ditangkap dan didakwa. Tapi apa daya ia telah menyebarkan virus tersebut kepada orang-orang yang tidak bersalah.

Bahkan juga pernah ada gosip bahwa beberapa sofa di gedung bioskop di kota Malang juga ada semacam jebakan dimana sofa bioskop dipasang alat suntik berisi darah yg telah terinfeksi virus HIV, sehingga siapapun yang duduk di sofa akan tertusuk dan tertular. Meskipun ternyata terbukti kebohongan belaka, namun tidak ada salahnya kita waspada.

Berikut beberapa tempat yang kemungkinan pengidap HIV yang jahat memasang jebakan berupa jarum suntik berisi darahnya yang telah terkontaminasi virus HIV :

1. Dikawasan pantai
Bila kamu berjalan di pantai pakailah sandal ataupun sepatu, apabila seorang pengidap HIV/AIDS menimbun alat suntik yang telah dipergunakannya memakai narkoba di pasir dan kemudian terbawa oleh ombak, bisa-bisa kamu tertusuk dan tertular.

2.Di taman bermain anak-anak
Terdapat kasus di Australia dimana anak-anak yang sedang bermain di taman tertusuk oleh jarum yang telah terkontaminasi virus HIV pada saat ia sedang bermain di papan seluncuran.

3.Di bioskop
Periksalah kursi yang akan kamu duduki. Kasus yang terjadi di Hawai yaitu seorang wanita yang akan duduk dan merasa ada sesuatu yang menusuknya. Ia berdiri dan mendapati ada jarum suntik dan sebuah kertas yang berbunyi “Welcome to the real word,you are now HIV positive”. Ketika dokter memeriksa jarum tersebut, jarum tersebut ternyata telah terinfeksi HIV.

4.Di Georgia & Florida
Ada kasus dimana seorang yang positif HIV meletakkan alat suntik yang telah terinfeksi HIV didalam tempat mengembalikan uang di mesin minuman. Jadi berhati-hatilah kalau akan membeli minuman di mesin otomatis siapa tahu didalamnya ada jarum.

5.Di restoran burger
Dimana orang terinfeksi HIV merupakan salah seorang pegawai disana ia mencampurkan darahnya dengan mayonise dan salad kedalam burger. Meskipun resiko penularan dalam kasus ini sangat rendah mengingat virus HIV akan mati jika tercampur mayonaise, ada baiknya kamu berhati-hati karena siapa tahu kamu sedang sariawan yang memungkinkan virus masuk ke dalam aliran darahmu.

Walaupun mayoritas kasus tersebut terjadi diluar negeri, intinya hanyalah kehati-hatian kita. Walaupun begitu kita tidak dapat mengklaim semua orang yang telah positif HIV akan melakukan hal-hal tersebut. Banyak dari pada pengidap HIV yang sadar dan tidak ingin menuularkan kepada orang lain.

Baru-baru ini ada sms yang bertuliskan seperti ini:

“Pesan penting… Untuk bbrp hari ke depan, jgn minum produk2 dr prshaan pepsi sprt pepsi, tropicana juice, slice, 7up, coca cola, dll.. Krn seorg pekerja dr prsahaan tsb telah menambahkan darahnya yg terkontaminasi HIV. Ntn di tv metro.. Tlg forward ini ke semua org yg anda peduli..”

kalau menurut saya itu cuma HOAX. seperti yang kita tahu virus HIV tidak akan bertahan lama di luar tubuh penderitanya, dan tidak mungkin juga perusahaan besar seperti itu mempekerjakan pekerja yang berpenyakitan.

Walaupun bagaimanapun untuk sekarang ini kita harus hati-hati karena semakin hari semakin banyak penderitanya, dan kita tidak pernah tau penderitanya apakah teman anda, saudara anda atau pasangan anda.

Dan juga seperti yang telah banyak disampaikan, bahwa seharusnya kita tetap memperlakukan pengidap HIV dengan baik sebagaimana kita ingin diri kita sendiri diperlakukan.

untuk lebih jelasnya tentang virus HIV silahkan kunjungi www.aidsindonesia.or.id

 

dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s