Lucid Dream Experience

Lucid Dream(Mimpi Sadar) adalah sebuah mimpi ketika seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi.  Ketika Lucid Dream, si pemimpi mampu berpartisipasi secara aktif dan mengubah pengalaman imajinasi dalam dunia mimpinya. Lucid Dream dapat terlihat nyata dan jelas.

Bahkan Lucid Dream memungkinkan anda untuk mengatur skenario mimpi dari awal hingga akhir, atau dengan kata lain anda adalah seorang aktor, sutradara sekaligus produser dalam satu film. Mungkin dibenak kita selalu ada rasa penasaran, bagaimana sih rasanya terbang? Gimana sih rasanya jadi spiderman? Gimana sih rasanya naik mobil Porsche Cayman? Atau mungkin gimana sih rasanya bertemu dengan John Lennon, Barrack Obama, Che Guevara, Madonna, orang-orang masa lampau, atau yang lainnya secara langsung dihadapan kita?
Walaupun memang dapat dikatakan mereka hanya sekedar proyeksi virtual, tapi sadarkah anda bahwa berarti ini adalah ‘game’ terbaik di muka bumi ini? Even you don’t need a console!

Bukan sekedar permainan..
Walaupun mungkin dapat dipastikan 99% orang yang pertama kali melakukan lucid dream akan melakukan hal-hal konyol yang tidak dapat dilakukan di dunia nyata, tetapi ada sesuatu yang ‘luar biasa’ yang berarti disia-siakan jika kita hanya menggunakan hal ini untuk bersenang-senang. Lucid Dream sendiri dibagi menjadi beberapa level lucidity, dimana semakin tinggi tingkat lucidity-nya semakin bebas dan leluasa anda dapat melakukan proyeksi untuk pemunculan objek dan sejenisnya. Dengan kata lain, ketika kita mencapai tingkat lucidity paling tinggi kita menjalani kehidupan di mimpi mungkin hampir 80% persis dengan di kehidupan nyata, entah itu dari saraf-saraf yang terasa aktif bekerja, visual yang baik, indra perasa, pendengar, atau peraba yang mungkin sama seperti keadaan normal ketika kita hidup di ‘dunia nyata’. Dan sudah barang tentu jika hal ini terus dikembangkan akan menjadi prospek yang baik untuk kepentingan masyarakat kelak, entah itu sebagai terapi, meditasi, atau yang jenis jasa lainnya.

Lucid Dream dapat muncul melalui dua cara.

  1. Dream Initiated Lucid Dreaming (DILD), Mimpi sadar akibat mimpi berawal sebagai mimpi biasa, dan si pemimpi langsung menyimpulkan bahwa ia sedang bermimpi,
  2. Wake Initiated Lucid Dreaming (WILD), sementara mimpi sadar akibat terjaga (wake-initiated lucid dream; WILD) terjadi ketika si pemimpi pindah dari keadaan terjaga biasa ke keadaan bermimpi tanpa mengalami ketidaksadaran.

Sedangkan orang yang melakukan lucid dream disebut Oneironaut atau untuk mempermudah kita panggil dream bender.

Mungkin bagi yang baru tahu istilah ini pasti masih bertanya-tanya. bagi yg masih bingung gambarannya, masih ingat film yang memperkenalkan gambaran bagaimana Lucid Dream itu terjadi, ya! Inception. percaya ga percaya semua yang terjadi di film itu, meliputi mengendalikan mimpi, sharing mimpi, dan fantasi mimpi. 90% bukan Hoax dan kita manusia biasa pun bisa melakukannya cuma berbekal imajinasi dan latihan, gimana?? sungguh menarik bukan??

>> Mari kita Mulai Latihan Lucid Dream 

Pada umumnya teknik induksi ini dibagi secara 2 garis besar :
Wake Induce, adalah teknik yang sengaja dilakukan, dan digunakan dengan kesadaran (wake).
Dream Induce, adalah teknik yang umumnya tidak sengaja dilakukan, dan digunakan ketika berada dalam state mimpi (dream).

Wake Induce >>>

Teknik Pertama: WILD (Wake Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang dilakukan dengan ‘kesadaran’ orang terebut untuk masuk ke fase lucid. Atau dengan kata lain kita tidak tidur dalam arti sebenarnya dan tetap terjaga hingga melewati fase REM (Rapid Eye Movement) dan Sleep Paralyze yang dimana akan langsung terhubung ke dunia lucid.

Langkah-langkah :

  1. Relaks, dan tanamkan secara tegas sebelum tidur bahwa ‘saya akan melakukan lucid dreaming’.
  2. Pejamkan mata, visualisasikan hal yang tidak membutuhkan imajinasi atau emosi tinggi (seperti gradasi warna, landscape, dll). Tetap usahakan diri anda agar tetap terjaga dan tidak terbawa untuk masuk ke deep sleep.
  3. Nikmati segala fase yang dirasakan, entah itu getaran/tarikan/dll. Jangan pernah berontak ketika fase ini terjadi.
  4. Anda akan segera masuk ke fase sleep paralyze, hal terpenting adalah jangan memunculkan rasa takut anda sedikit pun disini. Ini fase dimana anda seolah terbangun, tetapi tidak dapat menggerakan anggota tubuh anda.
  5. Tunggu beberapa saat. Tidak lama kemudian anda akan merasa terjatuh ke dalam lubang dan visualisasi anda akan blur/gelap.
  6. Sekarang silahkan coba gerakkan anggota tubuh anda, berhasil bukan?

Teknik Kedua: WBTB (Wake Back To Bed), adalah teknik yang sangat similar dengan WILD. WBTB biasanya dilakukan untuk mengoptimalkan teknik WILD. Teknik ini mengaharuskan anda untuk tidur sebelumnya, dan setelah 4-5 Jam bangunlah sebentar, minum segelas air putih. Lalu lanjutkan tidur anda dengan menggunakan teknik WILD.

Teknik Ketiga: MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge. Teknik ini dilakukan dengan bantuan mimpi yang sebelumnya telah terjadi.

Langkah-langkah :

  1. Lakukan tidur normal, pasang alarm 3-4 jam kemudian, dan bangunlah.
  2. Catat mimpi yang tadi kalian alami di sebuah buku.
  3. Setelah itu cobalah untuk kembali tidur, visualisasikan mimpi tadi dengan detail, dan usahakan untuk masuk kembali dalam mimpi tersebut untuk ‘melanjutkan’ mimpi yang sudah kalian alami.
  4. Tanamlan afirmasi “Ketika saya mimpi seperti tadi, berarti saya lucid dreaming”.

Teknik Keempat: FILD (Finger Induced Lucid Dream), adalah teknik yang ditemukan oleh member DreamViews bernama hargarts. Teknik ini dilakukan dengan bantuan gerakan-gerakan jari yang akan membantu kita untuk masuk ke fase lucid.

Langkah-langkah :

  1. Set alarm sekitar 2-3 jam setelah anda tertidur, lalu bangun.
  2. Cobalah relaks, pejamkan mata.
  3. Sekarang gerakkan jari jemari anda (jari telunjuk & tengah) keatas dan kebawah seolah anda sedang bermain piano. Lakukan dengan perlahan tanpa mengeluarkan energi berlebih.
  4.  Setelah sekitar 20-30 detik, lakukan reality check dengan cara nose plugging (menutup lubang hidung), jika anda bisa bernafas, berarti anda telah masuk ke dalam dunia lucid. Tapi jika anda gagal, cobalah tidur selama beberapa menit terlebih dahulu, lalu ulangi cara ini dari awal.

Teknik Kelima: CILD (Chakra Induced Lucid Dream), adalah teknik yang menggunakan bantuan Third Eye Chakra untuk mencapai fase lucid dream. Posisi mata ketiga ada di antara kedua alis mata.

Langkah-langkah :

  1. Posisikan mata anda ke Third Eye, perhatikan baik-baik, tahan posisi mata anda dan pejamkan.
  2. Setelah terpejam afirmasikan diri anda bahwa saya akan melakukan lucid dreaming, lalu visualisasikan diri anda sedang berada pada fase lucid.
  3. Jika setelah kira-kira 3 menit anda belum juga tertidur, buka mata, kembalikan dalam posisi normal dan cobalah kembali tidur.
    P.S : Teknik ini belum tentu cocok untuk semua orang, jika dirasa kurang nyaman dimohon untuk tidak dilakukan.

Dream Induce >>>

Teknik Pertama: DILD (Dream Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan ‘kepekaan’ diri terhadap mimpi untuk mencapai fase lucid dreaming. Atau dengan kata lain ketika anda sedang bermimpi, anda sadar ini adalah mimpi, dan dengan keinginan untuk lucid dream, anda akan masuk dan dapat melakukan dream bending.

Langkah-langkah :

  1. Berpikirlah kritis dan logis. Sehingga ketika anda sedang bermimpi muncul suatu hal yang tidak rasional (seperti bertemu orang yang sudah meninggal/berbicara dengan makhluk lain), anda akan langsung tersadar dan berkata, “Ini mimpi!”, lalu cobalah untuk menggerakan anggota tubuh anda.
  2. Alternatif lain yaitu dengan sering melakukan Reality Check. Atau juga dengan membuat sign, umumnya berupa sebuah coretan huruf/kata di anggota tubuh (lengan) menggunakan pena/spidol. Terus ingat selalu tanda tersebut, tanamkan kedalam memori anda bahwa “jika saya bermimpi tanda ini akan selalu muncul”. Nah, hal ini akan membantu anda dalam meminimalisir false awakening.

Teknik Kedua: DEILD (Dream Exit Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan bantuan alarm/LD Timer untuk mencapai fase lucid dreaming. Dengan kata lain ini adalah teknik yang menyadarkan penggunanya bahwa “Sedang Mimpi” dengan dibunyikannya alarm tersebut.

Langkah-langkah :

  1. Pasang alarm sekitar 3-4 Jam setelah anda tidur (usahakan gunakan LD Timer, gunakan suara alarm yang soft atau sebuah perkataan). Set juga setelah 1 menit alarm tersebut berbunyi akan mati dengan sendirinya.
  2. Tidur secara normal. Nah, kemungkinan setelah 3-4 jam itu anda sedang berada pada state mimpi, jadi ketika alarm berbunyi alarm ini akan meyakinkan anda bahwa ini adalah sebuah mimpi, jadi jangan ragu dan berusahalah untuk mengendalikannya.
    P.S : Jaga diri anda tetap di dalam mimpi, jangan biarkan mimpi anda fading atau bahkan terbangun ketika alarm pengingat itu berbunyi.

Teknik Ketiga: RC (Reality Check), adalah sebuah aktivitas yang meyakinkan diri bahwa apa yang kita alami itu sedang dalam keadaan mimpi atau tidak. Praktiknya bisa bermacam-macam, tetapi umumnya dengan cara melihat anggota tubuh kita, jarum pada jam, dll. apakah ada yang janggal atau tidak

Teknik Keempat: ADA (All Day Awarness), adalah teknik yang ditemukan oleh member DreamViews bernama KingYoshi. Teknik ini merupakan salah satu alternatif dari Reality Check. Teknik ini mengharuskan anda untuk meluangkan waktu sejenak untuk memperhatikan secara detil hal-hal yang berada di sekitar anda (contoh : suara langkah kaki, warna-warna/tekstur barang-barang di kamar anda, dll). Hal ini dilakukan agar membuat sensitif otak anda supaya anda dapat dengan mudah melakukan pembedaan antara dunia nyata dan mimpi.

>>> APA SAJA YANG BISA KITA RASAKAN PADA SAAT LUCID DREAM ? <<<

Hampir semua yg bisa dirasain ke 5 indra kita di kehidupan nyata, bisa dirasain dalam Lucid dream…

Penglihatan(Visual) Kita bisa melihat visual hitam putih, warna klasik sampai berwarna seperti real atau malah over exposure color.
berbeda dengan mimpi biasa kita selalu dapet mimpi yg kurang berwarna, blur atau hitam putih aja…
Dalam LD Kita bisa melihat cahaya yang sangat terang maupun gelap gulita…
Kita bisa melihat visual yang sangat nyata dan detail, sampai gambar kartun. Kadang2 kita juga melihat pemandangan yang glowing.
Dan jangan heran, jika latar dari mimpi kita bisa juga berupa pemandangan abstract dan latar luar angkasa.

Pendengaran(Suara) Kita bisa mendengarkan suara suara orang berbicara dengan jelas, suara burung berkicau sampai suara bom meledak. Kemampuan tersebut memungkinkan kita berkomunikasi dengan jelas, dengan karakter lain yang didalam mimpi kita.

Suara tidak jelas terkadang sering terdengar waktu WILD, dalam transisi ketika antara terjaga dan bermimpi(sleep paralysis). Dari suara
noise, sesuatu yang pecah,orang berbisik, teriakan, tangisan atau suara orang berbicara dalam bahasa asing.
Kebanyak orang akan merasa ketakutan mendengar suara2 tersebut karena memang seram. Namun suara tersebut diatas akan hilang begitu kita udah masuk fase lebih lanjut.

Penciuman & Pengecapan Penciuman: iya kita bisa mencium wangi-wangian, bau durian, wangi bunga.. atau wangi seseorang yg kita temui dalam mimpi.. malah terkadang lebih tajam indra penciuman kita dibanding dengan yang real.
Pengecapan: sepertihalnya indra penciuman, kita bisa merasakan enak-nya makanan atau minuman.

Peraba Kita bisa merasakan kasarnya tektur batu, pasir.
Kita sebaliknya sangat jarang bisa merasakan kesakitan atau kepanasan dalam mimpi, kalau ada pun itu terjadi itu masih dalam tahap sangat ringan.
contohnya dalam Lucid Dream, kita mimpi mencoba mencubit tangan sendiri yang kerasa adalah sentuhan jari ketangan kita. tapi tidak merasakan sakit.
atau mimpi tertembak oleh pistol, ditusuk samurai sampai berdarah, yang kerasa adalah sesak napasnya tekanan didaerah tubuh yg terkena. tapi sakitnya sama sekali tidak terasa. Malah setelah itu, kita sembuh dan sehat lagi.
Jauh lebih gampang merasa sensasi terangsang daripada sensasi sakit..😀

Diluar kelima indra diatas…

Emosi. Nahh yang ini nih, klo dalam mimpi biasa klo kita senang bisa senang sekali, marah bisa marah sekali, terharu atau sedih bisa sampe menangis tersedu. kadang terbawa sampe terbangun..
Sebaliknya didalam LD, emosi kita malah sangat stabil dan netral..
Jadi buat kalian yg ingin melatih emosinya biar lebih stabil, sering-sering lah Lucid Dream.

Takut. Takut karena menghadapi mimpi buruk, takut ketinggian, Biasanya ketakutan itu sering timbul karena kita belum sepenuh sadar dalam lucid dream.
Oya, Lucid dream juga bisa membantu kita menanggulangi mimpi buruk.
Misalnya kita mimpi ketemu hantu karena kita sadar klo lagi mimpi, kita hajar aja itu hantu, selesai. Tinggal lanjutin kemimpi yang lain yang lebih indah.

>>> Bagai mana agar Penglihatan/visual bisa lebih jelas ? <<<

Agar visual lebih jelas, secara fisik kita bisa mengkonsumsi Pisang mengandung banyak Tryptophan dan Vitamin B6(Pyridoxin hydrochloride).
Tryptophan, akan diubah menjadi Serotonin di otak, dibantu oleh Vitamin B6. Serotonin adalah zat kimia yang mengatur mood, ingatan jangka pendek, dan MIMPI di dalam otak. Coba rajin2 makan pisang tiap hari, terutama setelah makan malam, Mimpi kita akan jadi lebih jelas dan berwarna.
Selain itu kita bisa mempertajam visual dengan memperhatikan detail dalam mimpi, contoh melihat rumput yg bergoyang, pasir..dsb.

>>> Hal yang menggangu Lucid dream. <<<

Mimpinya mulai pudar atau kehilangan lucidity.
ada saatnya mimpi kita menjadi pudar, dan kelamaan kita bisa terbangun atau masuk dalam mimpi biasa.
Ada beberapa teknik untuk membuat mimpi kembali nyata salah satunya, begitu kita merasa mimpi jadi pudar secepatnya luruskan tangan dan putar badan (badan dalam mimpi). ngak perduli mau putar gaya balet ato gaya batu yg penting badan berputar aja, sambil berputar niatkan kembali untuk kembali bermimpi.

False Awakening
sering kali kita bisa tertipu oleh “false awakening”, kita merasa wah saya udah kembali ditempat tidur, badan saya sekarang lagi diatas kasur, saya udah terbangun, ahhh ternyata teknik berputar saya gagal… yang sebenarnya kita masih bermimpi. jika itu terjadi, akhirnya kita malah masuk mimpi normal karena percaya sama tipuan tadi.
Biasakan Reality check, lihat jari tangan kita, bertambah atau berkurang? , lihat jam waktunya berputar dengan normal tidak.. atau coba cubit pipi kita sakit apa ngak..
“Semakin kita berpengalaman dengan Lucid dream, semakin besar kemungkinan kita diganggu sama “False awakening” daripada kehilangan lucidity”

Gangguan fisik.
Misalnya, alarm HP, Dibangunin orang rumah, digigit serangga, kena tetes air hujan.. atap rumah pada bocor.

Adakah dampak negatif Lucid Dream?
Selama tidak dilakukan secara berlebihan, tidak ada dampak fisik negatif dari Lucid Dream. Beberapa kasus stres mungkin muncul jika Lucid Dream anda bersifat mengerikan atau menakutkan. Dalam kasus lucid dream yang akut, beberapa orang mungkin kehilangan motivasi di dunia nyata karena mereka merasa bisa mendapatkan apapun di dunia mimpi.

segala hal dalam Lucid Dream hanyalah mimpi, tidak ada yang berupa kenyataan. Dan yang perlu diingat, ada batasan-batasan dalam Lucid Dream. Anda mungkin bisa mengontrol mimpi, namun tidak 100% karena bagaimanapun, mimpi adalah sebuah dimensi lain dari kehidupan anda.

Jangan takut untuk bermimpi, dan bermimpilah untuk membawa perubahan positif di kehidupan nyata anda.

dari berbagai sumber

2 responses to “Lucid Dream Experience

  1. Hi, really like the appearance of ones website. Can you mind saying what theme youre making use of? I’m not used to this and i am hoping to have mine looking anywhere close to cool as yours. Many thanks.
    My Bolg : DepressionSymptomsMedication.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s